Sabtu, 31 Oktober 2009

PETUNJUK CARA MENGISI AIR ACCU YANG BENAR

Aki merupakan sarana penunjang dalam motor untuk menghidupkan lampu, kontak dan stater pada motor. Usia aki rata – rata 2 tahun. Bahkan bisa tidak tahan lama jika perawatan tidak benar. Seperti terlambat atau lupa mengisi air aki , biasanya mengakibatkan cepat ganti aki karena rusak.
Aki gampang menguap karena panas charging.


Kandungan H2SO4 tidak menguap hanya air atau H2O saja yang terbuang. Akan tetapi, karena air menguap itu berakibat sel – sel aki jadi kering. Akibatnya sel negatif beroksidasi pada udara. Timbul bintik – bintik putih dan performance aki menjadi menurun mengakibatkan penggantian aki baru.
Dalam pengisian aki ada aturannya. Untuk menambah air aki lama, pilihlah kemasanya biru. Ingat dan waspada. Jangan sekali – kali yang merah atau yang kuning. Itu aki zuur untuk aki baru.
Dalam pengisian air aki jangan kelewat penuh. Dampak yang akan timbil bisa merusak komponen besi. Air aki mengandung H2SO4 yang bersifat asam, bila beroksidasi dengan besi akan terjadi karat dan korosi. Untuk itu pengisian aki harus pas dan maksimal dengan garis up (upper). Sebaliknya, kalau mau abis mendekati garis lower segera isi kembali air aki.

2 komentar:

  1. selama pengisian aki,,apakah tutup aki(aki basah motor) harus dibuka?

    BalasHapus
  2. menurut blog sebelah....bila perawatan bagus,aki bisa bertahan 4 sampai 6 thn...bahkan bisa lebih....

    BalasHapus